Sabtu, 30 September 2017

Manfaat Meminum Kopi Secara Berkala

Hai Serupedians!

Kopi merupakan minuman yang mendunia. Kopi memang sering dikaitkan dengan berbagai macam efek kesehatan positif, seperti membantu pendengaran menjadi lebih baik dan sebagainya. Tetapi, sebuah studi terbaru menambahkan efek baik kopi bagi tubuh, yakni dengan minum dua cangkir setiap hari, akan mengurangi risiko sirosis terkait alkohol sebanyak 43 persen.


Sirosis adalah jaringan parut pada hati yang dapat menyebabkan mengganggu sistem kerja hati. Sirosis yang sudah akut dapat membuat hati menjadi disfungsi. penyakit sirosis ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk penyalahgunaan alkohol kronis dan kelebihan berat badan, yang keduanya dapat merangsang kelebihan jaringan fibrosa seperti kolagen yang terikat dalam liver, menghasilkan jaringan parut di tempat jaringan sehat. 


Lebih dari satu juta orang meninggal di seluruh dunia setiap tahun gara-gara penyakit ini. Musisi Jimi Hendrix adalah salah satu selebriti yang meninggal karena sirosis hati.

Peneliti menyimpulkan, meneguk dua cangkir kopi sehari berhubungan dengan penurunan hampir separuh risiko sirosis hati. Menurut peneliti, hal ini lumayan besar dibandingkan dengan obat-obatan yang digunakan untuk mencegah penyakit. Misalnya, obat statin yang hanya menurunkan risiko penyaki jantung hanya 25 persen.

Kopi dikenal mengandung ribuan senyawa, banyak di antaranya aktif secara biologis dan mungkin memengaruhi kesehatan manusia. Di dalamnya termasuk asam klorogenik, melanoid dan petacylcic diterpenes, kahweol dan cafestol. Efek biologis kopi itu berupa stimulasi sistem saraf sentral dari kafein, peredaman stres dan inflamasi serta antikarsinogenesis.

Meskipun hubungan antara minum kopi dan penyakit hati kurang dipahami, namun penelitian sebelumnya telah menemukan hasil yang serupa. Minum antara satu hingga empat cangkir kopi setiap hari terbukti mengurangi risiko penyakit jaringan parut dan menurunnya fungsi hati atau sirosis hati, sedangkan minuman berkafein lainnya gagal menunjukkan efek yang sama. The American Cancer Society mengatakan, faktor yang paling signifikan berisiko untuk kanker hati adalah infeksi kronis hepatitis B dan hepatitis C. Dengan mendapatkan vaksinasi untuk kedua infeksi tersebut, serta menghindari konsumsi alkohol, seseorang dapat mengurangi risikonya.

Bagaimana dengan anda Serupedians? Semakin rajin minum kopi?

Related Posts

Manfaat Meminum Kopi Secara Berkala
4/ 5
Oleh