Rabu, 27 September 2017

Tour of Flanders, Road Race Sepeda Paling Bergengsi di Belgia

Sobat YukViral

Tour of Flanders atau juga dikenal sebagai De Ronde, adalah sebuah road race menggunakan sepeda yang dilakukan tahunan dan diselenggarakan di Belgia setiap musim semi. Balap sepeda paling penting di daerah Flanders adalah bagian dari UCI World Tour dan diselenggarakan oleh Flanders Classics (sebuah organisasi pengendara sepeda klasik di daerah Flanders). Pada tahun 2016 ini, Tour of Flanders edisi ke-100 diadakan. 



Sejarahnya, Pada 25 Mei 1913 Karel van Wijnendaele menyelenggarakan Tour pertama daerah Flanders, melintasi dua provinsi barat Flanders. Tour tersebut dimulai pada pukul enam pagi di Ghent dan selesai di Mariakerke (sekarang pinggiran Ghent). 

Jarak tempuh Tour of Flanders pertama adalah 330 km. Perlombaan selesai pada velodrome kayu yang dilingkari sebuah kolam di Mariakerke, di mana penjualan tiket hanya menutupi setengah hadiah.

Baca Juga : 5 Manfaat Bersepeda yang Harus Diketahui

Biasanya Tour of Flanders akan diadakan setiap musim semi, satu minggu sebelum balap sepeda di Paris, Roubaix. Tour of Flanders telah menjadi bagian dari sejarah terkenal UCI World Tour dan sangat penting bagi Flanders. 

Tujuan diadakannya Tour of Flanders, lomba balap sepeda kala itu adalah untuk mempromosikan media koran yang terkenal di Flanders.

Setiap tahunnya, tidak kurang dari 16000 peserta mengikuti Tour of Flanders. Karena ini merupakan balapan road race, maka tidak sedikit pula peserta yang berguguran di tengah perjalanan karena jatuh, bertabrakan, dan banyak lagi.

Perlombaan ini diawali dari Bruges serta finish di Oudenaarde. Diperkiraan jarak balapan sekitar 255 km (158 mil), mencakup 18 tanjakan dan 7 bidang berbatu yang harus dilalui apabila menginginkan menjadi juara serta memperoleh hadiah untuk lomba ini. 

Lomba ini sangat populer untuk kalangan orang di Eropa, pasalnya dengan tantangan yang begitu sulit untuk melewati semua base dengan bersepeda, hadiah yang ditawarkannya pun cukup menggiurkan bagi para peserta dari berbagai belahan dunia.

Baca Juga : Kota - Kota di Asia yang Nyaman untuk Bersepeda

Apakah anda berminat mengikuti Tour of Flanders ini?

Related Posts

Tour of Flanders, Road Race Sepeda Paling Bergengsi di Belgia
4/ 5
Oleh