Kamis, 12 Oktober 2017

7 Pertanyaan yang Belum Terjawab Tentang Hiu

Sobat YukViral

Sejauh ini kita mengenal Hiu merupakan hewan buas dan sangat mematikan. Menurut Wikipedia, Hiu adalah sekelompok (superordo Selachimorpha) ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap an tubuh yang ramping. Mereka bernapas dengan menggunakan lima liang insang (kadang-kadang enam atau tujuh, tergantung pada spesiesnya) di samping, atau dimulai sedikit di belakang, kepalanya.


Dari pernyataan diatas kita mengetahui Hiu sebatas ciri spesifik, namun sejumlah penelitian menunjukan bahwa para ilmuwan masih menemukan teka-teki seputar Hiu yang belum terpecahkan.

Berikut serupedia akan mengulas 7 Pertanyaan yang Belum Terjawab Tentang Hiu. 

1. Bagaimana hiu melakukan navigasi?

Sebagaimana Kita ketahui bahwa luas lautan mencapai sekitar 71% dari seluruh luas Bumi. Maka siapa pun makhluk yang tinggal disana harus memiliki sedikit isyarat visual untuk melakukan navigasi.

Pertanyaannya adalah bagaimana hiu tahu tujuan mereka atau melakukan navigasi? Seperti diungkapkan Andrew Nosal, seorang peneliti postdoctoral di Scripps Institution of Oceanography and the Birch Aquarium, beberapa hiu sering melakukan perjalanan jauh, seperti hiu putih besar yang berenang melintasi Samudra Hindia, dari pantai barat Australia sampai Afrika Selatan, 

"Ini adalah misteri abadi bagaimana hiu menemukan jalan mereka melalui lautan, yang merupakan petunjuk lingkungan yang mereka gunakan, dan bagaimana sebenarnya isyarat tersebut terdeteksi dan terintegrasi," Ujar Nosal seperti yang dilansir Live Science.

Ada bukti kuat bahwa beberapa hiu menggunakan navigasi geomagnetik, yang berarti mereka dapat merasakan medan magnet bumi, mengarahkannya dan menggunakannya sebagai alat navigasi. Olfaction (bau) mungkin merupakan alat navigasi lain yang digunakan hiu. Tapi mungkin faktor lain - seperti suhu air, suara dan bahkan penglihatan (sampai batas tertentu) - dapat membantu hiu bernavigasi dalam, kata Nosal.

2. Berapa banyak spesies yang ada?

Pertanyaan seputar berapa banyaknya spesies Hiu pun masih belum bisa terjawab. Para peneliti masih menemukan spesies hiu baru, terutama dari laut dalam.

"Habitat mereka sangat misterius karena mereka begitu jauh dan tak terjangkau dari aktivitas manusia," kata Nosal. "Kami masih belum tahu apa yang tinggal di sana."

Misalnya, hiu ninja yang disebut Etmopterus benchleyi diumumkan ke dunia ilmiah pada bulan Desember 2015; spesies hiu martil (Sphyrna gilberti) yang baru ditemukan di lepas pantai South Carolina diidentifikasi pada tahun 2013; dan spesies baru hiu "berjalan" (Hemiscyllium halmahera), ditunjukkan di sini, menjadi berita utama setelah para peneliti menemukannya di sebuah terumbu karang di sebuah pulau di Indonesia, menurut sebuah penelitian tahun 2013 di Journal of Ichthyology.

3. Mengapa hiu bermigrasi?

Sudah jelas bahwa banyak hiu bermigrasi secara musiman, tapi kenapa ikan ini bermigrasi masih menjadi misteri dan pertanyaan yang masih belum terpecahkan sampai saat ini.

"Kami memiliki teknologi hebat yang memberitahu kita ke mana tujuan mereka," kata Gregory Skomal, ahli biologi perikanan dengan Divisi Perikanan Laut Massachusetts yang dilansir Live Science. "Tapi kita tidak tahu apa yang mendorong migrasi itu."

Apakah hiu bermigrasi untuk makanan, kawin, suhu atau mungkin campuran ketiganya? Sulit untuk mengatakannya, bahkan setelah mempelajari beberapa hiu dalam spesies yang sama, kata Nosal.

"Saya bisa melacak 10 hiu macan tutul, dan mereka semua melakukan sesuatu yang sedikit berbeda," kata Nosal. "Sulit untuk mengeluarkan pola untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi."

4. Apa yang mereka lakukan di bawah air?

Pertanyaan ini juga masih menjadi misteri yang belum terjawab. Para peneliti masih menduga-duga apa yang Hiu lakukan saat berada di kedalam laut yang sulit dijangkau.

Pelacak bisa memberi tahu ilmuwan tempat hiu berenang, tapi begitu ikan menyelam jauh ke dalam air, sulit untuk mengikutinya tanpa mengganggu tingkah lakunya, katanya.

"Kami memiliki banyak data tentang hiu putih yang menunjukkan bahwa beberapa dari mereka pergi ke tengah Samudera Atlantik, berkeliaran dan menyelam ke kedalaman sejauh 3.000 kaki (900 meter) setiap hari," kata Skomal kepada Live Science. "Tapi kita tidak tahu apa yang sebenarnya mereka lakukan di sana."

Baru-baru ini, Skomal dan rekan-rekannya menurunkan sebuah kendaraan bawah laut otonom (AUV) untuk memata-matai hiu putih besar di malam hari. Rekaman menunjukkan bahwa hiu sedang beristirahat. "Saya tidak berani mengatakan 'tidur' karena sulit bagi kita untuk menentukan apakah dan kapan hiu ini tidur," kata Skomal.

5. Peran apa yang dimainkan hiu di ekosistem?

Kebanyakan orang mengatakan bahwa hiu adalah predator yang berada puncak piramida ekosiste, dan sangat penting untuk menjaga keseimbangan dalam jaring makanan. Tapi tidak semua hiu berada di puncak jaring itu, kata Nosal.

"Sebagian besar ini teoritis, dan masih merupakan misteri bagaimana hiu memainkan perannya dalam menjaga keseimbangan ekosistem" katanya. "Tentunya mereka penting, dan banyak spesies memang predator puncak. Tapi jaring makanan sangat rumit, dan sangat sulit untuk memprediksi efek penurunan populasi ikan hiu."

6. Seberapa pintar hiu?

Studi tentang otak hiu menunjukkan bahwa mereka adalah makhluk yang kompleks.

"Hal yang paling mudah dipelajari adalah otak," kata Jelle Atema, seorang profesor biologi di Program Kelautan Universitas Boston. "Tapi itu tidak berarti kita tahu bagaimana mereka menggunakan otak itu. Bila dibandingkan dengan hewan laut sejenis, hiu memiliki otak yang paling besar.

Hiu tidak memiliki banyak lipatan pada forebrains mereka (area yang terkait dengan pengambilan keputusan dan penalaran pada orang), tetapi mereka memiliki banyak lipatan di otak kecil mereka (wilayah yang terkait dengan koordinasi gerakan tubuh).

Selain itu, Atema telah mempelajari indra penciuman hiu, terutama karena mereka memiliki dua bola olfaksi yang dikembangkan dengan baik - satu di setiap sisi otak.

7. Apakah hiu hewan sosial?

Beberapa hiu berenang di lautan dengan berbagai ukuran, dan yang lainnya berkumpul dalam kelompok ratusan sampai ribuan. 

Tapi tidak jelas apakah hiu tertarik satu sama lain atau apakah mereka berada di tempat yang sama karena ini adalah lokasi yang bagus dengan suhu dan ketersediaan makanan yang baik, kata Nosal.

"Hampir pasti, ini akan menjadi kombinasi keduanya," katanya. "Tapi kita tidak benar-benar tahu sejauh mana hiu adalah hewan sosial. Masih banyak bukti bahwa mereka ada, namun tak melakuan interaksi antara sesamanya".


Related Posts

7 Pertanyaan yang Belum Terjawab Tentang Hiu
4/ 5
Oleh